Apa perbedaan Grafolog (Graphologist) dengan Ahli Dokumen Forensik (Document Examiner)?

Grafologi Forensik Analisa Cek Tanda Tangan Tulisan Tangan Asli Palsu , Tahukah Anda Apa perbedaan Grafolog (Graphologist) dengan Ahli Dokumen Forensik (Document Examiner)?

Sekilas memang tampak sama, tetapi jika kita telaah lebih dalam, ternyata cukup berbeda. Secara umum perbedaannya terletak pada landasan ilmu yang mendasarinya serta cabang didalamnya.

GRAFOLOGI (HANDWRITING ANALYSIS)

Ilmu dasar Grafologi adalah Psikologi, yaitu ilmu yang lebih berkaitan dengan perilaku manusia dan ada apa di balik perilaku tersebut. Grafologi adalah menganalisa tulisan tangan seseorang untuk mendapatkan gambaran kepribadian dan karakter orang tersebut, seperti potensi, pola fikir, energi vitalitas, relasi dengan orang lain, produktifitas, percaya diri, dan sebagainya termasuk konflik dan hambatan dalam diri penulis. Seseorang yang sudah bersertifikasi melakukan analisa tulisan tangan disebut Grafolog.

Seiring dengan waktu dan berbagai penelitian, ilmu grafologi berkembang dan mulai dibagi kedalam beberapa spesifik serta pemanfaatannya yaitu:

  • Grafologi Grafologi Forensik
    • Merupakan ilmu grafologi murni (menggambarkan kepribadian seseorang), dengan pemanfaatan di bidang seleksi dan rekrutmen perusahaan, gambaran diri, compatibility (keselarasan pasangan), penjurusan, dan sebagainya.
  • Grafologi Medis
    • Merupakan cabang ilmu grafologi yang berhubungan dengan keterkaitan kesehatan atau kondisi fisik seseorang. Berbagai penelitian terkait hubungan antara kesehatan dan tulisan kerap dilakukan, seperti pada sakit kanker.
  • Grafologi Forensik / Grafonomi / Signature & Handwriting Examination
    • Merupakan cabang ilmu grafologi yang berhubungan dengan analisa otentifikasi ( uji keaslian ) tanda tangan dan tulisan seseorang. Setiap individu memiliki kebiasaan (habit) yang relatif menetap dan akan tercermin dalam perilaku kesehariannya, termasuk dalam tulisan dan tanda tangan. Untuk memalsukan sebuah tanda tangan dan tulisan akan sangat sulit meskipun dilakukan oleh seorang ahli.

 

AHLI DOKUMEN FORENSIK

Dokumen Forensik, berlandaskan pada ilmu forensik yang berinduk pada Ilmu Hukum. Ahli dokumen forensik adalah sebutan bagi seseorang yang sudah bersertifikat pula, namun dalam menganalisa dokumen. Seperti, menganalisa keaslian dokumen, mencaritahu jenis kertas dan tinta yang dipakai dalam tulisan, tahun berapa dokumen tersebut dibuat -berdasarkan bahan kertas, tinta, dsb-, atau diminta untuk menguraikan dokumen yang terbakar atau terkena air, dan sebagainya. Di Indonesia, ahli yang melakukan tugas-tugas tersebut adalah Ahli Forensik atau Ahli Dokumen Forensik.

 

Semoga bermanfaat.

Salam,

Grafologi Indonesia

Grafologi Forensik Analisa Cek Tanda Tangan Tulisan Tangan Asli Palsu

Bacaan lebih lanjut: http://www.afde.org/

 

Berikut adalah pelatihan Grafologi Forensik ( Grafonomi ) yang akan kami selenggarakan: 15 Juli 2017

Mari bergabung bersama kami

Grafologi Forensik Juli 17 (brosur final)