Banyak di antara kita pasti yang ingin menjadi pemimpin, tetapi tanpa kita sadari apakah kita menjadi pemimpin lantas mereka yang kita pimpin akan menuruti semua perintah kita? Belum tentu. Kebanyakan dari kita yang ingin jadi pemimpin tidak menyadari kalau kita menjadi pemimpin belum tentu menjadi pemimpin yang efektif. Karena dengan sudut pandang mereka yang sempit, mereka menganggap menjadi pemimpin itu mudah, Cuma modal tanggung jawab tinggi dan bisa menkordinasikan seluruh anggota agar mencapai target, padahal tidak hanya itu. Pemimpin harus menciptakan perubahan. Baik secara fundamental (urusan perusahaan menyangkut aktifitas perusahaan seperti profit dan kinerja menejemen) dan teknikal (hubungan antar personal di dalam perusahaan).

            Seperti yang diungkapkan oleh John Kotter “Kepemimpinan menghasilkan perubahan. Itulah fungsi utamanya”. Ya, pemimpin harus membawa perubahan yang terasa di seluruh aspek. Tetapi banyak dari kita yang memipin secara tidak efektif. Maksudnya tidak efektif itu apa? Mungkin banyak yang bertanya-tanya. Yang dimaksud dengan pemimpin yang tidak efektif adalah pemimpin yang dalam memimpin tidak membawa perubahan bagi yang ia pimpin. Ia tidak tahu kriteria orang yang ia pimpin, ketika berinteraksi untuk mendelegasikan wewenang dianggap anak buahnya sok merintah, tidak bisa memotivasi anak buahnya, tidak bisa mengambil resiko, tidak mempunyai estimasi tentang resiko dan masih banyak lain.

Karena menjadi pemimpin haruslah efektif, berikut ada tips-tips untuk menjadi pemimpin yang efektif. Diantaranya:

1. Sadar diri

Ketahuilah kekuatan dan kelemahan anda sendiri. Dengan begitu Anda bisa membawa diri Anda sesuai dengan kemampuan, dan tidak terkesan sok bisa dihadapan anak buah Anda.

2. Kenali anak buah Anda dan apa yang membuat mereka memilih Anda

Dengan mengenali anak buah anda secara satu per satu, itu akan menciptakan suatu keintiman hubungan yang dalam. Jalinlah hubungan yang mendalam dengan mereka, buat ikatan emosional menjadi dekat.

3. Kelilingilah diri anda dengan orang-orang besar

Dengan Anda dikelilingi oleh orang-orang besar di disekitar Anda, Anda bisa belajar bagaimana caranya memimpin. Kalau anda mempunyai pengalaman yang masih sangat minim hal ini sangatlah bagus. Dengan begitu anda bisa belajar dari orang-orang yang pernah mendahului anda sebagai pemimpin dan mengambil pelajaran yang bisa di ambil.

4. Kembangkanlah sikap mental yang positif

Ini hal yang sangat diperlukan sebagai seorang pemimpin. Harus mempunyai sikap mental yang positif di segala situasi dan kondisi. Pemimpin juga harus pandai memotivasi anak buahnya. Kalau pemimpinnya mempunyai sifat pesimistik itu akan berpengaruh terhadap anak buahnya juga. the leader’s think is the main.

Beste paypal casino deutsch.